Pages

Saturday, November 26, 2011

Modul Statistika - Apa itu Statistika?

Modul Statistika - Apa itu Statistika?
Oleh Dr. Hizir

Pengolahan informasi statistik mempunyai sejarah jauh ke belakang sejak awal peradaban manusia. Pada awal zaman Masehi, bangsa-bangsa mengumpulkan data statistik untuk mendapatkan informasi deskriptif mengenai banyak hal, misalnya pajak, perang, hasil pertanian, bahkan pertandingan atletik. Pada masa kini, dengan berkembangnya teori peluang, kita dapat menggunakan berbagai metode statistika yang memungkinkan kita untuk meneropong jauh di luar data yang kita kumpulkan dan masuk ke dalam wilayah pengambilan keputusan melalui generalisasi dan peramalan.

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari cara mengumpulkan, menata, mengolah, menyajikan, dan menganalisa data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh.

Statistika deskriptif adalah metode-metode statistika yang berkaitan dengan meringkas, menangani dan menyajikan data sehingga dapat memberikan informasi yang berguna.

Statistika inferensia adalah metode-metode statistika yang berhubungan dengan menarik kesimpulan mengenai karakteristik populasi berdasarkan informasi yang diperoleh dari sampel.

Download PDF

No comments:

Post a Comment